Bahaya Alat Kosmetik Bagi Wanita Muda


Kosmetik adalah sehabat para wanita.setiap wanita pasti memiliki kosmetik,walaupun itu hanya sebuah bedak.sekarang sudah muncul berbagai macam alat kosmetik.para wanita remaja mereka tidak tau dampak memakai alat kosmetik di usia muda dan secara berlebihan.sekarang saya akan menjelaskan beberapa dampak memakai alat kosmetik di usia muda.

1. Ketergantungan
Penggunaan kosmetik pada usia muda dan digunakan secara terus-menerus tanpa memperhatikan kadar akan menimbulkan ketergantungan. Ketergantungan yang dimaksud yakni jika erhenti menggunakan kosmetik akan menimbulkan reaksi yang kurang baik pada kulit wajah. Kondisi kulit pada usia muda masih sangat rentan jika menggunakan kosmetik apalagi berlebihan. Apalagi jika kosmetik tersebut termasuk kosmetik berbahaya dan tidak mempunyai izin edar. Oleh karena itu sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter sebelum menentukan brand kosmetik yang akan digunakan. Selain melakukan konsultasi ke dokter juga dapat menggunakan brand yang tentunya aman dengan melihat kandungan di dalamnya.Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah,usia mudah dianjurkan hanya menggunakan pelembab dan bedak dengan kandungan yang masih ringan dengan penggunaan yang tidak terlalu tebal

2. Iritasi
Penggunaan kosmetik pada usia muda juga dapat menimbulkan iritasi, bahkan iritasi yang berkepanjangan. Iritasi yang biasanya timbul yakni jerawat atau purging serta kulit menjadi kemerahan. Sebagian mereka lebih memilih menangani masalah tersebut dengan memberikan obat jerawat. Padahal dengan melakukan tindakan tersebut tidak akan menyelesaikan masalah akan tetapi justru menjadikan jerawat dan masalah lain lebih parah. Tindakan pertama yang harus dilakukan yakni menghentikan pemakaian produk kosmetik tersebut dan tetap membersihkan wajah seperti biasanya menggunakan sabun khusus wajah yang iritasi. Penganan lebih lanjut dapat dikonsultasikan pada dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. 

3. Penuaan dini
Jika saat usia muda sudah menggunakan kosmetik meskipun tidak berlebihan, hal tersebut sangat perlu untuk diwaspadai. Kulit yang masih terlalu muda memiliki tingkat kolagen dan elastisitas yang masih sangat baik. Menggunakan kosmetik dan berbagai perawatan akan elastisitas kulit akan menurun. Jika pemakaian kosmetik tetap dilakukan, maka akan memicu munculnya kerutan halus pada wajah. 

4. Menghilangkan kecantikan alami
Menggunakan kosmetik pada usai muda tentu tidak akan menjadikan wajah lebih terlihat cantik. Hal ini biasanya kurang diperhatikan oleh para perempuan yang beranggapan bahwa akan terlihat cantik dengan menggunakan makeup. Perempuan yang masih muda dan tadinya memiliki kulit kuning langsat dengan tekstur yang lembut menjadi kusam dan kasar setelah menggunakan makeup dan melakukan perawatan berbagai macam. 

5. Pubertas dini
Beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik jika digunakan oleh kalangan muda juga akan mengakibatkan puber sebelum waktunya. Hal tersebut diakibatkan bahan kimia seperti phthalates, triclosan, parabens, dan musks dapat mempengaruhi terjadinya pubertas dini. Selain itu terdapat penelitian yang menyebutkan semua bahan tersebut dapat mempengaruhi timbulnya kanker, gangguan hormon, depresi dan pubertas dini. Pubertas dini akan memberikan akibat yang kurang baik, diantaranya yakni dapat mengakibatkan anak menjadi orang dewasa yang pendek yakni secara fisik badan mereka lebih pendek dibandingkan dengan anak seusia mereka. Selain itu dilihat dari sisi emosional dan sosial, anak akan merasa murung dan malu karena perubahan fisik seperti tumbuhnya payudara dengan cepat padahal belum waktunya. 

6. Kulit kebal
Kilit yang masih muda dan telah mendapatkan perawatan berbagai macam produk kosmetik akan menjadi kebal. Saat masih muda dan terus mendapatkan perawatan memang tidak memerikan efek secara langsung, akan tetapi efek yang ditimbulkan yakni jangka panjang. Kulit yang telah menggunakan makeup dan mendapatkan perawatan dari usia muda tidak akan memiliki perubahan jika dilakukan perawatan di masa selanjutnya, oleh karena itu akan sia-sia jika melakukan perawatan. 

Setelah mengetahui efek akibat penggunaan kosmetik usia muda, gunakan perawatan dan kosmetik yang wajar yakni kosmetik yang sesuai dengan umur dan tentunya aman. Jangan tergiur dengan hasil instan, karena cantik itu alami dan memerlukan proses. Disarankan untuk menggunakan kosmetik dan perawatan adalah umur 17 keatas. Pada umur tersebut kulit sudah siap untuk mendapat perawatan dan pemakaian kosmetik. 


            Jadi. bagi para wanita muda agar jangan memakai alat-alat kosmetik,kalau pun memakai jangan terlau berlebihan.karena menurut saya tampilan wanita muda itu atau kecantikan wanita muda itu lebih membahana dengan tidak memakai alat kosmetik.

Comments

Popular Posts