Bagaimana mengatur pernafasan yang benar saat berolahraga ?

Mungkin menurut anda bernafas itu sangat gampang,Cuma menghirup dan mengeluarkannya.tapi tidak semudah begitu ketika anda berolahraga.dalam berolahraga pernafasan itu sangat di utamakan,karena apabila pernafasan anda terganggu saat berolahraga.maka sangat fatal untuk anda melanjutkannya.lalu bagaimana juga bernafas dengan benar saat olahraga ?,itu yang jadi pertanyaan semua orang.

Nah,saya ingin membagi tips tentang bagaimana cara mengatur bernafas yang benar saat olahraga,berikut penjelasannya

  1. Temukan titik yang tepat untuk melangkah. Jika kamu menari atau melakukan yoga atau bahkan berlari, pasti ada musik yang mengiringi latar. Temukan ketukan yang pas dalam irama musik itu. Coba untuk bernafas bersamaan dengan ketukan itu. Jika musik berjalan cepat, bernafaslah di sekitar setiap 2 sampai 4 ketukan. Jika kamu berlari, bernafas saja sesuai dengan tiap langkahmu. Tarik dan hembuskan nafas  di setiap hitungan ke empat atau delapan. Hitunglah secara urut dari satu sampai delapan, untuk menstabilkan waktu dan konsentrasi saat kamu berlari. 
  2. Tentukan metode bernafas yang cocok buat kamu. Putuskan bagaimana kamu akan bernafas. Kebanyakan orang memilih untuk menghirup nafas melalui hidung, menahannya selama beberapa saat sesuai dengan yang mereka butuhkan. Kemudian menghembuskannya melaui mulut. Hembuskan perlahan sehingga kamu dapat menyeimbanginya dengan hitungan yang kamu lakukan. Jangan bernafas dengan sangat keras [menghirup dan menghembuskannya], itu hanya akan membuang energi kamu dengan cepat dan membuatmu merasa terganggu. 
  3. Cobalah untuk tidak berubah. Wuiiih, kayak judul lagu aja y! [hohoho]. Maksudnya, ketika kamu dapat merubah titik bernafas yang tepat saat berolahraga, lebih baik kamu tidak melakukannya. Jika kamu tetap ingin melakukannya, pastikan saja kamu masih ingat dengan baik bagaimana menentukan irama dan melanjutkan hitungan kamu. 
  4. Konsisten. Seberapa capeknya kamu, terus coba untuk tetap bernafas dengan teratur. Jangan mudah menyerah,Jika kamu merasa pusing atau akan kehilangan kontrol,berhenti sebentar untuk Istirahat dan mulai monitor kembali keadaan tubuh. Masih kuat nggak? Kalau nggak ya gak usah dipaksain.karena sesuatu kalau dilakuin secara frontal tuh pasti hasilnya gak baik. Jadi, kamu ingat aja, tujuan kamu mengatur cara bernafas adalah untuk membuat kamu merasa dan menjadi lebih baikan, bukan untuk buat kamu sakit atau lebih parah lagi.




Comments

Popular Posts