bahaya minum es

Sering kali seseorang apabila sudah haus untuk menghilangkan kehausan itu maka dengan cara meminum air yang dingin.karena dengan meminum air yang dingin seolah-olah semua masalah terselesaikan.padahal dibalik itu mereka tidak pernah tau efek dari minum es.

Nah sekarang saya ingin membuka beberapa bahaya minum es atau minuman yang dingin:
Menyebabkan Pusing
Saat metabolisme tubuh terganggu, tubuh tidak bisa langsung beradaptasi ketika terjadi perubahan suhu yang mendadak tatkala kita minum es. Akibatnya suplai oksigen ke organ-organ tubuh berkurang, termasuk ke otak. Dampaknya, kita akan merasa pusing.
Perut yang Membuncit
Adakah yang senang memiliki perut buncit? Susah bergerak, berat, dan sangat mengganggu penampilan. Di perut kita terdapat bantalan lemak yang fungsinya untuk menghangatkan. Termasuk menghangatkan air es yang kita minum. Semakin banyak air es yang dikonsumsi, bantalan lemaknya juga akan bertambah. Dari sinilah sumber perut buncit. Apalagi bila tidak diiringi dengan olahraga teratur. Tambah bantalan lemak, tambah buncit.
Kembung dan Begah
Perut kembung dan begah tidak hanya dirasakan oleh penderita maag yang mengalami asam lambung  tinggi namun juga bisa dirasakan oleh orang yang terlalu banyak mengkonsumsi air es. Berikut ini alasan mengapa air es bisa menyebabkan perut terasa penuh, kembung dan begah :
  1. Air es akan membuat suhu tubuh terutama suhu perut menyesuaikan dengan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.
  2. Es mengubah irama organ pencernaan yang ada di dalam perut.
  3. Karena irama organ pencernaan berubah, selaput lendir yang ada di lambung berkontraksi.
  4. Efek kontraksi membuat perut terasa kram. Enzim di dalam saluran pencernaan dan cairan asam yang biasanya menyebabkan maag langsung melakukan reaksi dengan cara memunculkan gas di dalam perut. Gas yang berlebihan akan membuat begah perut.

Otak Membeku
Hal paling bahaya dari minum air es akan membekukan otak. Saat anda mengkonsumsi air es dengan sedotan aliran darah menuju otak akan semakin cepat sehingga timbul pusing sesaat dan lama kelamaan menjadi pembekuan otak.

Itulah beberapa macam bahaya minum air es. Meski tidak menyukainya mulai sekarang kita harus membiasakan diri meminum air hangat setelah makan maupun berolahraga agar terhindar dari efek minum air es.

Comments

Popular Posts