bahaya tetanus dan cara pencegahannya

Pengertian tenanus
tetanus merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang sistem saraf dan otot manusia. Bagaimanapun kasus Tetanus masih banyak terjadi di Negara-negara berkembang. Mengingat negara berkembang termasuk Indonesia masih belum memiliki program pencegahan dan  program imunisasi yang efektif untuk mengatasi tetanus. Tidak ada obat untuk mengatasi penyakit ini, dan yang diperlukan hanyalah pemberian vaksin untuk pencegahan. Sehingga ketika sudah menderita penyakit tetanus ini maka akan sangat sulit untuk di sembuhkan. Oleh karena itu kita perlu untuk mengetahui penyebab dari penyakit ini sehingga kita bisa untuk menghindarinya.

Bagaimana bisa sampai terkena Tetanus?
Penyakit tetanus disebabkan oleh bakteri. Bakteri clostridioum tetani yang menjadi dalang dari penyakit ini. Bakteri ini tahan terhadap panas dan tahan terhadap zat antiseptic. Bakteri ini banyak ditemukan di tanah, debu, hingga kotoran manusia dan binatang. Ketika berada di dalam tubuh, bakteri ini menghasilkan sejenis protein dengan sifat racun racun yang disebut neurotoxin. Racun inilah yang akan menyerang sistem saraf dan otot manusia sehingga akan menyebabkan kejang.
Beberapa tanda dan gejala yang dialami tersebut adalah:
  1. Ada rasa nyeri di punggung dan rasa yang tidak nyaman pada tubuh.
  2. Kesulitan menelan karena nyeri pada otot pengunyah disertai rasa kaku di rahang.
  3. Kepala terasa tertarik ke belakang dan kaku pada leher.
  4. Otot-otot perut menjadi kaku tanpa disertai rasa nyeri.
  5. Kejang otot lebih sering terjadi karena rangsangan dari luar seperti sentuhan, cahaya, suara yang keras dan lain-lain.
  6. Penderita tetanus akan mengalami demam tinggi
  7. Penderita juga Keluar keringat yang berlebihan

Bahaya Tetanus

Tetanus secara bahasa diambil dari bahasa yunan yaitu tetanos dari asal kata teinein yang berarti menegang. Infeksi tetanus sangat berbahaya karena bisa mengeluarkan racun toksin yang bersifat neourotoksik. Pada mulanya, infeksi tetanus akan menyebabkan kejang otot dan syaraf perifer setempat. Tetani ini bisa muncul disebabkan karena salah perawatan pada luka yang dalam.
Bakteri tetani tersebut akan mengalami inkubasi di dalam tubuh manusia. Dalam prosesnya akan mengeluarkan toksin. Toksin inilah yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Toksin ini dapat membunuh seld darah merah, menghancurkan leukosit, hingga terjadi ketegangan dan spaste otot.
Bahaya tetanus yang mengerikan bisa terjadi pada seorang bayi atapun anak kecil. Tetanus yang sering menyerang anak-anak adalah tetanus neonatorium. Jenis bakteri tetanus ini bahkan bisa menyebabkan kematian karena efek kejang, sianosis, hingga berhentinya pernapasan anak. Bahkan hasil riset menunjukkan, efek kematian yang disebabkan oleh tetanus mencapai 50 %. Artinya, bagi usia anak yang pernah terinfeksi tetanus, separuh diantaranya meninggal dunia. Oleh karena itu Tetanus merupakan salah satu penyakit paling mematikan di duniia

Pencegahan infeksi tetanus

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pencegahan tetanus didapatkan melalui vaksinasi TT (Tetanus Toksoid) yang bsa diberikan kepada wanita usia subur atau ibu hamil yang nantinya bermanfaat untuk mencegah tetanus pada bayi baru lahir dan juga pada ibu bayi. Disamping itu juga perlu dilakukan pemberian booster untuk orang dewasa.

Comments

Popular Posts