tips agar tidak mudah lupa

Daya ingat otak setiap manusia semakin hari semakin menurun seiring faktor usia yang terus bertambah. Kita dapat melihat faktanya, orang yang sudah tua sering berkata tentang hal yang sama berkali-kali tanpa sadar, dia sudah mengatakan hal tersebut baru saja. Kita juga melihat orang yang sudah tua selalu lupa menaruh barang yang ia taruh sendiri. Tapi sebenarnya bukan orang tua saja yang terkena gejala lupa atau pikun tersebut. Banyak di antara kita yang memiliki usia yang relatif muda juga sering lupa atau pikun.
Memiliki daya ingat yang kuat merupakan impian semua orang. Tapi di lain sisi, ada sebagian dari kita yang sering lupa dalam mengingat sesuatu hal yang penting dalam hidup kita. Faktor usia merupakan salah satu penyebab dari seringnya kita lupa pada beberapa hal. Banyak orang yang menyebutnya gejala kepikunan. Apakah ada pernah mengalami lupa atau bahkan sering lupa dalam beberapa hal....?

Tips Agar Tidak Mudah Lupa
  1. Tetap aktif secara mental. Sama seperti olahraga fisik menjaga tubuh tetap sehat, aktif secara mental juga menjaga otak tetap optimal. Isi TTS, rutin baca berita, dan belajar bermain musik merupakan contoh cara agar otak tetap terasah.
  2. Rutin bersosialisasi. Interaksi sosial membantu mencegah depresi dan stres—keduanya berkontribusi jadi penyebab mudah lupa. Carilah kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang yang dikasihi atau teman, terutama bila Anda hidup sendiri.
  3. Jadilah terorganisasi. Anda akan lebih gampang lupa jika jadwal Anda berantakan. Tulislah tugas, janji, atau acara lain dalam buku catatan, kalender, atau smartphone. Terus perbarui daftar-daftar tugas Anda dan coret tugas yang sudah dilakukan. Sisipkan catatan tersebut di tempat yang mudah dicapai, misalnya di dompet atau di handphone.
  4. Tidur yang cukup. Upayakan untuk tidur setidaknya 7 jam sehari agar memori otak tetap optimal.

Ittulah beberapa tips agar anda tidak mudah lupa,semoga dapat menjadi pelajaran baru bagi anda.lakukan itu secara teratur agar hasil juga memuaskan..

Comments

Popular Posts